Minggu, Mei 05, 2013

Membangun Online Store Chapter 1

Toko online atau yang lebih dikenal dengan online store adalah jenis usaha perdagangan dengan mengandalkan dunia maya sebagai basis penjualannya. Mirip dengan toko di dunia nyata, bedanya adalah toko online dibangun didunia maya dan tidak butuh toko/tempat fisik untuk membangunnya melainkan membangun didunia maya.


Nah dalam membangun online store sama dengan membangun toko di dunia nyata hanya perbedaan pada tempat dunianya saja.hehehe..
 
  1. Buat Domain Sendiri, Domain adalah sebuah alamat dalam dunia maya/dunia internet. Sama seperti kita memiliki alamat toko dalam dunia nyata. Misalkan alamatnya adalah www.tokobajubaru.com dan kalo didunia nyata alamatnya dengan nama jalan. Sehingga dengan ada nya alamat orang bisa dengan mudah menemukan lokasi toko kita. Saya lebih meyarankan Anda menggunakan domain .id seperti web.id atau co.id. Tapi mungkin untuk domain co.id sedikit lebih sulit karena harus dilengkapi dengan SIUP, NPWP, dan TDP. Makanya gunakan saja domain web.id yang hanya menggunakan KTP saja. Itu saran saja karena domain .id menandakan bahwa Anda adalah warga negara Indonesia yang sah dan bisa diverifikasi kepastiannya.

  2. Buat Design Web, Setalah memiliki alamat toko online dengan domain sendiri sekarang saatnya mendisain sebuah website. Design lah website dengan tanpilan yang menarik dan hebat. Kenapa? Website adalah ibarat sebuah toko didunia nyata. Akan sangat disayangkan jika tampilan toko Anda sangat kumuh. Mana mungkin ada konsumen yang mau membeli barang di toko yang terlihat jelek dan tidak kredible. Begitu juga dengan website Anda. Website Anda ibarat sebuah toko didunia maya. Jika tampilan website Anda jelek mana mungkin orang percaya dengan hal yang anda jual di toko online Anda. Maka design lah website Anda dengan bagus sehingga menarik calon pembeli. Untuk hal ini jika Anda tidak mahir bisa membayar jasa design web. Murah kok tidak terlalu mahal. Ada yang menawarkan cuman 300 ribu rupiah saja.

  3. Bangun Kredibilitas Anda, Jika langkah satu dan dua sudah Anda jalani makan sudah resmi Anda memiliki toko online sendiri dan siap berjualan. Tapi langkah ketiga ini adalah langkah yang penting. Ya membangun kredibilitas Anda sebagai penjual adalah hal yang paling utama. Pada dasar hukum penjualan atau marketing, konsumen akan membeli barang bukan karena barangnya dan harganya terlebih dahulu tetapi pada dasar si penjualnya dahulu. Contoh mudahnya adalah Anda ingin membeli sebuah mobil baru ketika Anda bertemu dengan sipenjual dan tampak sipenjual ini meragukan apakah Anda akan terus membeli dari penjual ini? Saya rasa tidak! Anda akan memilih orang yang bisa Anda percayai. Ingat pada saat konsumen Anda membeli barang dari Anda dia berarti menaruh kepercayaan dan berharap penuh dengan Anda. Jadi jangan pernah berpikir jika Anda sudah selesai berhungungan dengan konsumen yang sudah membeli tetapi justru Anda baru memulai membangun sebuah hubungan baru dengan konsumen. Cara paling mudah adalah lampirkan foto-foto keseharian Anda di website Anda. Ceritakan hal yang menarik tentang Anda. Buat seyakin-yakinnya konsumen di website Anda bahwa Anda adalah orang yang mudah dicari dan bertanggung jawab ketika ada komplain. Ingan peran sosial media seperti Facebook atau Twitter Anda juga berpengaruh.

Untuk saat ini tiga langkah tadi sudah dapat membuat Anda jadi penjual online. Namun masih banyak sekali langkah yang harus dilalui untuk dapat membuat sebuah toko oline yang bener2 powerfull. Artinya setiap konsumen yang datang ke website Anda dipastikan menelepon dan mengorder produk Anda. Saya akan lanjut lagi artikel MEMBANGUN TOKO ONLINE ini pada bagian kedua.

More about me? HERE

0 Komentar

Posting Komentar

Selamat jadi komentator ya. Focus on topics. No Spam please.