Jumat, Maret 16, 2012

Dipilh Karena Senior?

Senioritas!!! Masih adakah di kehidupan yang modern ini sistem senioritas? Hmm... Kalian lah yang merasakannya. Sebelumnya mari kita cari dulu arti kata SENIORITAS adalah suatu status prioritas atau tingkatan yang diperoleh oleh seseorang dari umur atau lamanya bekerja. 


Pengertian bebasnya sering diartikan pemberian keistimewaan kepada yang lebih tua dalam berbagai hal dikarenakan karakter orang yang lebih tua biasanya lebih bijak, berpengalaman dan berwawasan luas.

Entah sejak kapan sindrom senioritas ini bermula, namun sejarah Indonesia mencatat sindrom ini telah memakan begitu banyak korban, dari sekedar pelecehan intelektual sampai kekerasan fisik.

Dalam masa seperti ini masih saja ada perusahaan yang masih menggunakan sistem senioritas dalam menentukan jabatan-jabatan penting atau jajaran-jajaran eksekutif yang dipimpin oleh orang yang  lebih tua hanya karena dianggap memiliki pengalaman yang lebih banyak, bukan dikarenakan bakat.

Sebenarnya sistem senioritas pada perusahaan pernah terjadi di Jepang dengan nama Sistem Nenko. Sistem ini mengandalkan tingkat umur seseorang dengan dalih pengalaman yang dimilikinya mampu dan mumpuni untuk menjalankan perusahaan. Alhasil jajaran eksekutif akan dipegang oleh orang yang lebih tua. Tentu saja sistem ini banyak sekali kerugiannya.

Kerugian yang terasa adalah tidak mungkinnya menggabungkan karyawan baru yang memiliki bakat dan keahlian khusus dengan orang yang senior. Hasilnya jajaran eksekutif hanya akan dipegang oleh para senior yang selalu mengandalkan pengalaman yang belum tentu memiliki bakat dan keahlian khusus dibidangnya.

Pada akhirnya Sistem Nenko atau sistem senioritas di Jepang ini akhirnya mengalami kegagalan dan akhirnya tidak lagi populer di kalangan perusahaan Jepang.

Memang terkadang saya bertanya "Kenapa harus mereka yang lebih dahulu masuk yang di prioritaskan?" "Apa saya dianggap tidak mampu?"

Kita bekerja dinilai berdasarkan hasil yang jelas! Kita bekerja bukan dinilai berdasarkan tingkatan lamanya seseorang mendiami perusahaan tersebut.

Intinya sudah jelas dalam bekerja kita memiliki nilai-nilai yang tegas. Kita bekerja bukan hanya dari lamanya saja. Tapi kita bekerja dan akan lebih dihargai dari hasil maksimal yang kita berikan. Jika para senior lebih sering diprioritaskan hanya dengan alasan lebih berpengalaman maka sudah barang tentu orang-orang baru yang memiliki bakat dan keahlian khusus tidak dapat bersaing akibatnya perusahaan yang seharusnya mendapatkan keuntungan dari karyawan baru ini malah mengalami kerugian karena gaji tinggi yang dibayarkan hanya untuk sebuah pengalaman saja tanpa ada bakat dan keahlian khusus.

Lebih senior bukan berarti lebih berbakat atau lebih baik. Junior bisa saja memiliki keahlian dan bakat yang jauh lebih baik.

Saya rasa memandang dari segi yang lebih objective dan positif sangat diperukan.

1 Komentar

filterairminum-gmg Sabtu, September 08, 2012

yeahh setuju banget bozz.. Ga asik lagi kalo udah msalah senioritas!

Posting Komentar

Selamat jadi komentator ya. Focus on topics. No Spam please.