Sabtu, Januari 22, 2011

5 Perang Terbesar (My Version)

Saya akan posting 5 perang paling besar dan saya sukai sepanjang sejarah manusia. Seperti yang pernah dikatakan oleh Pindar: "Perang adalah hal manis bagi mereka yang tidak pernah merasakannya." atau yang dikatakan oleh Plato: "Hanya orang mati yang bisa melihat akhir dari perang." kelima perang yang saya posting kali ini adalah murni versi favorite saya. Inilah ketujuh perang terbesar dan berpengaruh:

1. Rusia V NAZI Jerman (22 Juni 1941) (OPERASI BARBAROSSA)

Ini adalah perang yang sangat saya sukai. Perang ini mengandalkan taktik Bliztkreig. Sebuah taktik militer yang sangat saya sukai. Operasi ini diberi nama Barbarossa yang mengambil nama dari Kaisar Jerman abad pertengahan.

Operasi Barbarossa masih merupakan operasi militer terbesar, dalam hal kekuatan pasukan dan korban, dalam sejarah manusia. Operasi Barbarossa dan daerah-daerah yang jatuh di bawahnya menjadi tempat beberapa pertempuran terbesar, mematikan, kekejaman, korban tertinggi, dan kondisi yang paling mengerikan bagi Soviet dan Jerman - yang semuanya mempengaruhi Perang Dunia II dan sejarah abad ke-20.

Operasi Barbarossa adalah untuk menggabungkan serangan ke arah utara Leningrad, sebuah simbolis merebut Moskow, dan strategi ekonomi merebut ladang minyak di selatan di luar Ukraina. Hitler dan para jendralnya yang tidak setuju pada aspek-aspek ini harus memperoleh prioritas dan Jerman harus memfokuskan energi; menentukan prioritas diperlukan kompromi.

Ketika merencanakan Barbarossa selama tahun 1940 dan 1941, dalam banyak diskusi dengan para jenderalnya, Hitler mengulangi perintah: "Leningrad pertama, kedua Basin Donetsk, Moskow ketiga."

Hitler tidak sabar untuk melanjutkan invasi ke timur. Ia yakin Inggris akan menuntut perdamaian, setelah Jerman menang di Uni Soviet. Jenderal Franz Halder mencatat dalam buku hariannya itu, bahwa dengan menghancurkan Uni Soviet, Jerman akan menghancurkan harapan kemenangan Inggris.

Setidaknya ini adalah salah satu perang terfavorit saya dikarenakan ide brilian taktik Blitzkrieg yang sampai saat ini masih digunakan dan sebuah bukti kedigjayaan Jerman dalam sebuah pertempuran mengingat mereka adalah negara kalah perang pada PD pertama. Dan ini adalah salah satu perang berdarah sepanjang sejarah.

"Death solves all problems - no man, no problem." -J. Stalin

2. Kekaisaran Romawi Timur V Kekaisaran Islam (PERANG YARMUK)

adalah perang antara Muslim Arab dan Kekaisaran Romawi Timur pada tahun 636. Pertempuran ini, oleh beberapa sejarawan, dipertimbangkan sebagai salah satu pertempuran penting dalam sejarah dunia, karena dia menandakan gelombang besar pertama penaklukan Muslim di luar Arab, dan cepat masuknya Islam ke Palestina, Suriah, dan Mesopotamia yang rakyatnya menganut agama Kristen. Pertempuran ini merupakan salah satu kemenangan Khalid bin Walid yang paling gemilang, dan memperkuat reputasinya sebagai salah satu komandan militer dan kavaleri paling brilian di zaman Pertengahan. Pertempuran ini terjadi pada masa pemerintahan Umar bin Khattab, khalifah Rasyidin kedua.

Karena pada perang ini lah penyebab awal pasukan Muslim dapat merebut Damaskus, Yerusalem dan yang pasti seluruh Suriah terbuka lebar bagi umat Muslim. Dan yang lebih hebat lagi perang yang dimenangi oleh kaum muslim ini mendapat kalah jumlah dari pasukan Romawi Timur yang berjumlah 150.000 - 200.000 orang berbanding dengan pasukan muslin yang berjumlah 40.000 - 45.000 orang saja.

Setelah takluk Kaisar Heraclius berkata, "Selamat tinggal Suriah, provinsiku yang indah. Kau adalah seorang musuh sekarang"; dan meninggalkan Antiokia ke Konstantinopel. Heraclius mulai memusatkan pasukannya untuk mempertahankan Mesir.

3. Cao-Cao V Liu Bei dan Sun Quan (Juli 208 - November 208) (PERANG TEBING MERAH/BATTLE OF CHIBI)

Ini adalah salah satu perang yang menjadi favorite saya. Perang antara Cao-Cao dan aliansi Liu Bei dan Sun Quan sangat tidak berimbang dimana Cao-Cao membawa 160 ribu pasukan dan aliansi Liu Bei dan Sun Quan hanya 50 ribu orang saja!

Tetapi kejeniusan dari para komandan militer membuat pasukan kecil dapat memporak-porandakan kekuatan besar Cao-cao. Perang ini merupakan lanjutan Chang Ba.

Perang ini menjadi favorite karena kejeniusan pasukan aliansi dalam menilai pertempuran laut/sungai akan sangat sulit dilakukan oleh pasukan Cao-Cao yang merupakan pasukannya terbiasa perang didaerah daratan. Belum lagi adanya jendral-jendral besar nan pemberani. Bahkan dalam perang ini Cao-Cao hampir saja kehilangan nyawanya dan mebutuhkan waktu yang lama untuk bangkit dari keterpurukan dan kemaluan yang luar biasa setelah dikalahkan pasukan aliansi.

4. Republik Romawi V Kartago (246 SM-146 SM) (PERANG PUNISIA)

Ini adalah perang terbesar dalam dunia kuno dan menandakan bangkitnya Romawi dalam menguasai separuh dunia.

Pada awalnya bangsa Romawi tidak menemui kendala dalam ekspansi wilayah kekuasaannya sampai pada saat bertemu dengan kartago yang merupakan penguasa wilayah Mediterania dengan maritimnya yang kuat. Hingga akhirnya pada Perang Punisia III, Republik Romawi berhasil menghancurkan Kartago dan menghancurkan ibukotanya, sehingga menjadikan Republik Romawi sebagai penguasa terkuat di Mediterania bagian barat.

Peperangan ini merupakan titik balik yang berarti bahwa peradaban Mediterania kuno akan menjadi dunia modern melalui Eropa, bukan melalui Afrika.

Perang ini mengalami tiga bagian dimana setiap bagiannya dimenangkan oleh Republik Romawi dan membuat kerajaan Kartago menjadi lemah. Hanya perang Punisia kedua yang sedikit membuat Kartago ditakuti karena sudah masuk kedalam Italia dibawah pimpinan Jendral Besar HANNIBAL BARCA. Namun sayang pasukan Kartago dapat dikalah oleh Republik Romawi yang telah bangkit berhasil mengalahkan Kartago di pertempuran Zama.

Perang ini berakhir pada Perang Punisia ketiga dimana pasukan Republik Romawi menyerang langsung ke jantung kota Kartago dan setelah tiga tahun Kartago dapat dijatuhkan.

5. Inggris V NAZI Jerman (BATTLE OF BRITAIN)

Pertempuran Britannia adalah pertempuran antara Luftwaffe ( Angkatan Udara Jerman ) dengan RAF ( Angkatan udara Inggris ) pada tahun 1940-41. pertempuran ini dilatari oleh upaya Jerman untuk membom daratan Inggris dari udara . upaya ini dicegah oleh RAF yang mengirim pesawat-pesawat tempurnya untuk menghadang armada pesawat pembom Jerman. sebab pemrintah Inggris sadar bila udara Inggris sampai dikuasai Jerman , maka akan sangat mudah bagi Jerman untuk menginvasi Inggris melalui operasi Singa Laut . pada pertempuran ini AU Jerman (Luftwaffe) mengerahkan 1.200 Pesawat Pembom maupun Pemburu yang terdiri dari jenis Heinkel He-111H (Pembom medium ) , Junkers JU-88 (Pembom cepat ), Dornier Do-17Z (Pembom ringan ) , Messerschmitt Bf-109 ( pemburu ) dan Junkers Ju-87 Stuka ( pembom tungkik ). sedangkan sebagai penangkalnya RAF mengerahkan 650 pesawat pemburunya yang terdiri dari Spitfire , Hawker Hurricane dan Bristol Beufighter. Dalam Pertempuran ini baik Luftwaffe maupun RAF menderita korban yang cukup banyak dan sebagian kota London hancur karena serangan pembom Jerman yang bertubi-tubi. tetapi entah mengapa , Hitler menunda operasi Singa Laut , sehingga serangan udara terhadap Inggris disurutkan pada tahun 1941.

Ya.. itulah 5 perang favorite saya.. Sependapat?

0 Komentar

Posting Komentar

Selamat jadi komentator ya. Focus on topics. No Spam please.