Rabu, Desember 08, 2010

Heinrich Luitpold Himmler

 Ini dia satu lagi panglima perang yang paling saya sukai. Heinrich Himmler. Dia adalah pendiri dari komado dari Reichsführer-SS, ia mengendalikan SS dan Gestapo. Sebenarnya banyak yang bilang kekuasaan dan perngaruhnya hanya kalah dari sang Fuhrer, Adolf Hitler.

Heinrich Luitpold Himmler adalah seorang tentara Jerman yang ikut dalam perang dunia pertama setelah itu ia menjadi pedagang diperusahaan pupuk dan sempat berternak ayam. Karir politiknya dimulai ketika ia bergabung dengan Nationalsozialistische Deutsche Arbeiterpartei (NSDAP) (NAZI). Ia juga bergabung pada salah satu moment penting yaitu Beer Hall Putsch sebagai pembawa bendera dan disini ia bertemu dengan Ernst Rohm kepala organisasi para militer (SA). Pada tahun 1925 ia bergabung dengan SS yang merupakan unit khusus SA yang menjaga keamanan Hitler (pengawal pribadi).

Heinrich Himmler dilahirkan di München sebagai putra kedua dari kepala sekolah Katholik Roma yang saleh Gebhard Himmler. Menerima pendidikan dasar di Landshut, Himmler menjabat sebagai kadet perwira di Resimen Bavaria XI di akhir PD I, walau ia tidak pernah aktif berdinas.

Himmler adalah orang paling setia kepada Hitler. Dia percaya dan yakin jika Hitler sang Fuhrer adalah juru penyelamat Jerman maka dari itu semua perkataan dan tindakannya harus diikuti.

Pada tahun 1929 ia diangkat menjadi kepala SS (Pasukan SS hanya menaruh janji kesetian kepada sang Fuhre Adolf Hitler bukan kepada partai NAZI ataupun Negara).

Himmler juga menciptakan Waffen-SS, pasukan pribadi yang kuat, yang kekuatannya telah dikembangkan dari 3 menjadi 35 divisi, menjadikannya sebagai angkatan militer saingan Wehrmacht. Pada Agustus 1943 Himmler diangkat sebagai Menteri Dalam Negeri, memberinya yuridiksi atas pengadilan dan Dinas Sipil.
Himmler juga terlibat pada operasi "Night of the Long Knives" yaitu suatu operasi pembersihan SA yang dianggap mengancam NAZI dan Hitler karena akan membuat tentara sendiri dan ingin bergabung dengan Wehrmacht.

Setelah melenyapkan ketua dari SA Ernst Rohm dan diganti dengan Viktor Lutze secara otomatis SS menjadi independent.

Dari waktu invasi Uni Soviet pada Juni 1941, pegangan kuat Himmler pada polisi dan dinas keamanan tampak nyata. ia mengendalikan Kantor Keamanan Utama Reich (RSHA), pertama melalui Heydrich dan kemudian Kaltenbrunner, polisi kriminal dalam Nebe, dinas Intelijen Politik Asing di bawah Walter Schellenberg, dan Gestapo di bawah Müller. Melalui SS ia berkuasa penuh atas kamp konsentrasi dan kamp kematian di Polandia, Belzec, Sobibor dan Treblinka. Himmler menginstruksikan Odilo Globocnik, SSPF Lublin, untuk membangun kamp pembasmian itu agar golongan Yahudi Eropa hancur.

Melihat kekalahan Jerman semakin dekat Himmler berusaha berunding dengan sekutu namun gagal, dan hal ini membuat Hitler marah dan mencapnya sebagai pengkhianat. Himmler sendiri akhirnya berhasil ditangkap passukan Inggris ketika menyamar sebagai prajurit biasa dan terbongkar. Himmler dikatakan mati dengan menelan racun sianida. Dandikuburkan didaerah Lueneburg tanpa ada batu nisan. Mungkin alasannya adalah takut adanya pemujaan karena biar bagaimanapun dia adalah orang nomor dua di Jerman.

Tapi ada cerita yang sedikit berkembang dengan seputar kematian Himmler. Ada yang mengatakan kematian Himmler dikarenakan dibunuh oleh agen2 Inggris yang takut membocorkan rahasia perundingan perdamaian Inggris dengan Jerman. Yang tentu saja Inggris takut jika Himmler berkata akan membuat malu karena Amerika Serikat tidak pernah mau berunding dengan NAZI.

Dan hal ini dkuatkan dengan ditemukan dokumen2 pendukungnya. Namun segera dibantah dengan dikatakan palsu setelah secara bertahun-tahun terselip di arsip nasionalInggris. Aneh!

Ada juga yang mengatakan bahwa yang mati bukanlah Himmler karena dia sendiri sudah terbang ke Argentina melalui bantuan SS.

sumber: http://alifrafikkhan.blogspot.com, http://id.wikipedia.org

2 Komentar

excelcom Selasa, Februari 19, 2013

Org hebat ini...berani bantai jutaan yahudi...

Widiawan Winata Senin, Mei 05, 2014

Benar sekali. Setuju!

Posting Komentar

Selamat jadi komentator ya. Focus on topics. No Spam please.