Senin, Oktober 04, 2010

Google Latitude Lebih Seru Dari Foursquare atau Koprol

Setelah saya sebelumnya menjelaskan Yahoo! Koprol, sekarang saya akan menceritakan sedikit tentang layanan Google Latitude. Yang menarik dari fitur ini adalah penggabungan antara Buzz, dan Google Maps.

Layanan ini hanya bisa diaktifkan di ponsel dengan OS sebagai berikut:
- Android
- Blackberry
- Windows Mobile 5.0
- Symbian

Jadi cara kerjanya seperti ini: Jika pada layanan basis lokasi lainnya kita harus dahulu check in untuk mengetahui keberadaan kita atau teman kita. (Saya jadi teringat ketika pertama kali pakai Foursquare, saya pernah check in di Makkah, Liverpool, London, dan Paris.. hahahaha.. Padahal saya berada di Jakarta. Nah jika di Google Latitude kita tidak perlu lagi check in karena sudah tersedia layanan Google Maps).

Misalkan seperti ini: Saya akan berangkat kekantor didaerah Ancol, karena kurang hafal jadi saya aktifkan Google Maps di ponsel lalu saya gunakan 'Show direction' untuk mengetahui jalan setelah itu saya sign in di akun Google saya lalu nge'Buzz keberadaan saya. Tak lama kemudian saya melihat foto teman saya berada di 700 meter dari tempat saya dengan buzz "lagi makan" karena tertarik saya membalas buzz'nya dan menghampirinya.

Nah itulah enaknya dan menariknya Google Latitude karena terintegritas dengan Google Maps dan Buzz serta GPS akan membuat kita lebih seru. Karena kita bisa melihat dan mengetahui keberadaan teman kita. Beda dengan Foursquare yang bisa saja keberadaan teman kita dekat dengan lokasi kita sebenarnya tetapi karena dia check in ditempat lain maka dia muncul ditempat dia check in.

Tidak hanya itu saja, setelah seseorang melihat foto mereka muncul, pengguna bisa klik pada foto tersebut dan melakukan chat, mengirim SMS, email bahkan menelpon mereka. Petunjuk jalan pun tersedia di Google Maps jika pengguna ingin menemui temannya tersebut.

Jika pengguna ingin menyembunyikan lokasi di mana dia berada, Google Maps memungkinkannya untuk mengatur tampilan lokasi tempat dia berada, sehingga hanya bisa dilihat oleh teman atau keluarga yang dipilih.

Hanya pada Google Latitude tidak ditemukannya Badge setiap kali kita Check-in. Lagian siapa yang butuh badge??

Sayangnya hanya satu pengguna Google Buzz tidak se'booming Twitter dan Facebook tapi tidak perlu khawatir kita bisa share update Buzz kita ke Facebook atau Twitter.

1 Komentar

Atlantis Jumat, Juli 15, 2011

Google Latitude Indonesia
http://www.facebook.com/pages/Google-Latitude-Indonesia/145457528864745

Posting Komentar

Selamat jadi komentator ya. Focus on topics. No Spam please.