Rabu, September 01, 2010

Saya Seorang Introvet, Lalu?

Saya adalah seorang introvet. Lalu sebenarnya apa dan bagaimnana sikap orang introvet dalam keseharian bersosialisasi. Pertama adalah seorang introvet bukanlah orang yang pemalu. Sangat tidak ada hubungannya pemalu dengan introvet. Pada dasarnya orang yang introvert adalah orang yang lebih menyukai kesendirian, dengan kata lain terbebas dari hiruk pikuk sosial.

Bukan berarti orang introvet itu tidak pandai bergaul. Mereka bisa saja terlibat dalam sebuah diskusi sosial, pergaulan-pergaulan sosial. Hanya saja mereka merasa lebih nyaman dan santai ketika berada sendirian. Karena ketika berada ditempat publik energi mereka seperti terkuras habis.

Seorang introvert tidak berarti mereka tidak memiliki kemampuan bicara, akan tetapi mereka lebih suka bicara mengenai masalah ide dan konsep, bukan mengenai pendapat mereka tentang topik-topik sosial yang tidak penting,(mungkin seperti guyonan-guyonan yang tidak penting).

Seorang introvert, apa point-nya ngobrol, basa-basi kalo tidak ada yang mau disampaikan? Dia hanya akan bicara dan ngomong kalo memang ada informasi yang ingin dia sampaikan. Bahasa untuknya adalah alat untuk menyampaikan informasi.

Dan kalo memang tidak ada informasi, maka diam tidak apa-apa. Dua orang di satu tempat berdekatan, tanpa bicara satu sama lain itu oke-oke aja.

Karena sebab diatas Internet, menjadi media yang populer bagi para introvert. Karena di Internet sebagian besar komunikasi dilakukan untuk menyampaikan informasi.

Mereka yang “rame” saat chatting, atau di blog-nya atau di milis atau di forum, tapi tiba-tiba pendiam saat ketemu langsung mungkin adalah seorang introvert, yang ga tau harus ngomong apa kalo ketemu langsung.

Kesendirian seorang introvet jangan diakrtikan mereka sedang depresi,tapi mereka ketika sendiri lebih dapat berpikir dan intropeksi diri. Mereka bisa saja berkumpul dengan sahabat-sahabatnya, tetapi tetap saja merekalebih nyaman sendiri.

Orang introvet tidak banyak memiliki teman, hanya saja jika mempunyai sahabat sudah pasti akan sangat akarab. Dan introvet adalah jenis orang yang setia.


Tipe Introvert sih biasanya Bijaksana dan bisa memecahkan probblem org lain asal orang itu mau minta nasihatnya, makanya cocok jadi tempat curhat, tapi kalau gak ya tipe introvert itu termasuk orang yg 'mahal bicaranya' Jadi kalau ada org yg diajak bicara sama tipe tersebut berarti dia beruntung.

Orang introvert itu biasanya banyak mikir dan memiliki pemikiran yang jauh, maka itu orang introvert lebih sedikit berbicara, karena dia selalu memikirkan apa yang akan dia katakan, misalnya apa itu pantas dibicarakan, apa perlu untuk dibicarakan, apa kira-kira jawaban yang akan diberikan orang lain, dsb. Dari situ keliatan juga orang intovert cenderung perfeksionis.

Orang intovert juga suka memendam masalahnya sendiri, dia jarang berbagi masalahnya atau menceritakan kehidupannya ke orang lain, dia juga mempunyai self-blaming yang gede (suka nyalahin diri ndiri), yang akhirnya jadi depresi, dan emosian. Tipe ini cuma mau terbuka dgn org yang udah bener-bener dia percaya.

Seorang introvert itu terlihat 'dingin' atau 'sangaaaaaaatttttttttt dingin' tapi asal seseorang mencoba menembus pertahananya itu maka lumer deh esnya. Mereka terliha sangat cuek dan dingin tapi setelah kenal dengan mereka akan terlihat perbedaannya.

Internet, menjadi media yang populer bagi para introvert. Karena di Internet sebagian besar komunikasi dilakukan untuk menyampaikan informasi.

Mereka yang “rame” saat chatting, atau di blog-nya atau di milis atau di forum, tapi tiba-tiba pendiam saat ketemu langsung mungkin adalah seorang introvert, yang ga tau harus ngomong apa kalo ketemu langsung.

Jadi ada yang namanya online extrovert, lagipula kalo saat online tapi terus introvert, bakal berabe jadinya hehe.

Lalu orang introvert itu biasanya mau berteman dengan org yg budi bahasanya halus. Mereka akan langsung tidak suka sama org yg berkata kasar walaupun kata-kata itu bukan ditujukan uktuk dirinya.

Dan dari hasil test nya saya memiliki 83% Introvet. Saya seorang introvet, lalu?

Ikuti kuisnya disini.

1 Komentar

Hery Strada Jumat, September 03, 2010

Boleh juga ne coretanya...

Posting Komentar

Selamat jadi komentator ya. Focus on topics. No Spam please.