Jumat, September 24, 2010

Koprol; Made By Indonesian

Yahoo! Koprol adalah inovasi IT anak bangsa? Yakin? Awalnya saya lagi Googling2 eh.. ternyata ketemu sama artikel yang mengatakan bahwa Koprol adalah buatan anak bangsa. Kaget saya awalnya lalu dengan sedikit penasaran saya mencoba mencari-cari infonya dari mbah google. Eee.. ternyata memang benar kalau Koprol itu buatan INDONESIA.


Sedikt tentang sejarah singkat Koprol yang saya ambil dari Wikipedia, Kopro merupakan jejaring sosial berdasarkan lokasi yang ditujukan untuk kota-kota di Indonesia, Koprol memberitahu lokasi sesama pengguna Koprol serta menghubungkan sesama penggunanya yang berada ditempat yang sama. Jejaring sosial ini menggunakan metode berbasis lokasi. Disini ponsel pengguna dapat bersifat seperti GPS tanpa aplikasi GPS dari ponsel itu sendiri. Koprol menyediakan sejumlah pilihan tempat dimana penggunanya bisa check-in di lokasi tersebut. Setelah masuk log, di sini pengguna bisa melihat siapa saja anggota lain yang sedang berada di lokasi yang sama.

Februari 2009 Koprol diluncurkan oleh PT SkyEight Indonesia. Ide yang diperoleh merupakan konsep gabungan dari berbagai situs jejaring sosial yang sedang marak seperti lifestream model seperti Twitter, sistem komentar seperti Plurk, dan sistem lokasi layaknya Brightkite.

Koprol hampir sama dengan Foursquare dimana para penggunanya bisa updated status lokasi dimana mereka berada. Hanya saja kekurangan Koprol adalah tidak terintegritasnya GPS. Berbeda dengan Google Buzz yang sudah terintegritas dengan GPS sehingga para penggunanya tidak perlu lagi 'Check in' karena secara otomatis sudah muncul. Dan kita tinggal posting Buzz kita.

Oh ya menurut Koprol ini diciptakan untuk pengguna kota-kota di Asia.

Seharusnya kita bangga sebagai anak bangsa bisa menggunakan produk kita sendiri. Awalnya saya mau membuat sebuah account di Koprol tapi setelah tahu bahwa Koprol diakuisisi oleh Yahoo! saya membatalkannya karena saya sendiri sudah punya Google Buzz. Padahal jika belum dijual ke Yahoo! alias masih asli negeri ini saya pasti dukung.

Pada 25 Mei 2010, Yahoo mengumumkan telah mengakuisisi Koprol dengan nilai yang tidak disebutkan jumlahnya. Dengan demikian, akuisisi ini akan menguatkan posisi Yahoo! dalam meraup pasar yang lebih luas lagi di Asia Pasifik maupun internasional. Kecanggihan layanan berbasis lokasi yang diamini Yahoo! lebih baik ketimbang Foursquare menjadi alasan akuisisi ini.

Sebenarnya kontak antara Yahoo dengan Koprol sendiri sudah mulai terjadi sejak menjelang acara Yahoo Open Hack Day 2009. Saat itu Koprol menjadi salah satu mitra lokal Yahoo yang menggunakan beberapa teknologi API Yahoo seperti misalnya: Yahoo Fire Eagle, Yahoo Login, dan Yahoo Contacts.

Info terakhir yang saya baca ternyata pengguna Koprol menaika tajam dalam hitungan minggu dari 75 ribu user menjadi 100 ribu user. Menurut mereka ini dikarenakan berita pembeliaan Yahoo!. Yahoo! sendiri yakin jika Koprol jauh lebih baik dari Foursquare.

sumber: berbagai

0 Komentar

Posting Komentar

Selamat jadi komentator ya. Focus on topics. No Spam please.