Rabu, Juli 07, 2010

Rangkuman Kubik Leadership (Part I)

Tulisan kali ini saya ambil dari rangkuman buku yang saya baca yaitu, Kubik Leadership karangan, Jamil, Indra, Farid, dan terbitan Al Mizan.

Buku ini sangat bagus membahas mengenai cara hidup manusia bekerja yang dibagi menjadi 3 bagian yaitu, prinsip keyakinan, prinsip bekerja dan prinsip pekerti. Hanya saja kali ini yang saya tulis pada bagian sikap dan perilaku pada bab Pimpin Pekerti.

Harga buku ini kalau tidak salah hanya 65 ribu, sebuah investasi murah yang luar biasa. Berikut hasil rangkuman saya.

Sikap dan Perilaku

Ada baikmya sebelum pembahasan ini berlanjut anda pahami dahulu yang namanya sikap dan perilaku. Sikap adalah cara anda memandang sesuatu secara mental sedangkan perilaku adalah buah dari cara pandang anda tersebut. Semisal seperti ini, anda bertemu dengan orang yang anda sayangi anda tentu akan menyapa dengan raut muka yang cerah, hangat, dan menyenangkan..

Kenapa disini dibahas mengenai sikap dan perilaku?? Karena, sikap yang mengandung unsur epos saja tidak cukup, karena biar bagaimana pun sikap harus diiringi dengan perilaku agar dapat memberikan kontribusi yang baik pada dunia.

Pimpin pekerti anda harus menampilkan tiga jenis sikap dan perilaku secara konsisten. Kemampuan inilah yang membuat anda meraih kemulian hidup.

Lalu apa saja ketiga sikap dan perilaku tersebut..???
Pertama:

1. Sikap dan Perilaku Positif
Orang yang memiliki sifat dan perilaku ini selalu memandang dari unsure postifnya. Dia tidak akan membiarkan pikiran2 negatif masuk kedalam sikap dan perilakunya.

Sikap dan perilaku positif bukanlah hal yang mudah untuk dipraktekan. Dan ini harus dilalui dengan berbagai macam cobaan, musibah, hambatan, dan keburukan. Orang yang belum mengalami hal-hal buruk atau cobaan berat mungkin saja merasa dirinya mampu unutk meraih sifat dan perilaku positif.

Coba anda bayangkan anda terjebak macet total yang membuat anda terlambat menuju kekantor sedangkan dikantor anda ditunggu oleh atasan anda untuk menentukan kelanjutan dari karir anda… Bagaimana sifat dan perilaku anda?? Apakah anda akan mencaci maki petugas jalan, membunyikan klakson berkali-kali walaupun anda tahu jalanan tidak akan menjadi lancar..??

Orang2 yang memiliki sifat dan perilaku positif akan selalu melihat sisi2 positifnya. Mereka tidak akan terbakar oleh pikiran2 negatif karena mereka sadar bahwa input negative hanya akan menghasilkan output negative pula. Mereka lebih condong mengatakan ini sebagai uji kesabaran...
Sikap dan perilaku positif ini bisa anda latih dan kembangkan asal saja anda bisa melakukan hal-hal, seperti:

1. Lawan Dengan Penyayang
Caranya:
• Selalu ingin menambah sahabat
Dengan cara seperti ini anda akan menjadi manusia yang lebih baik, kenapa?? Karena jika anda menginginkan sahabat yang banyak anda sudah barang tentu menjaga lisan dan tangan anda.

Orang tidak akan pernah mau bersahabat dengan seseorang yang membuat dirinya terancam. Dengan memiliki banyak sahabat anda sudah pasti tentu menjaga semua amanah sahabat anda karena anda sadar betul betapa pentingnya nilai persahabatan.

• Menyayangi orang lain
Sikap dan perilaku positif danpat ditunjukan dengan menyayangi siapapun secara tulus. Termasuk kepada musuhnya sekalipun.

Seperti contoh yang ada pada buku dimana seorang kakak begitu menyayangi adiknya sehingga ia rela melakukan apapun untuk sang adik yang sakit dan hasilnya sungguh luar biasa Tuhan ikut berperan dalam memberikan mukzizatnya kepada adiknya.

• Senantiasa bersabar atas serangan negative
Bersabar dab bersyukur adalah cara paling jitu dalam menghadapi cobaan seperti ini. Sudah prinsip alam jika sesuatu yang negative menimpa kita sudah pastinya tabungan energi negative kita berkurang.

Jika kita menyerang energi negative dengan energi negative kita sudah barang tentu energi negative yang ada didiri kita semakin bertambah.

• Selalu senang dengan kesuksesan orang lain
Orang yang memiliki sikap penyayang selalu bergembira melihat orang lain sukses.

Semisal adik, anak atau keluarga anda dipromosikan jabatannya atau mendapat suatu kenikmatan sudah pasti anda akan bergembira karena anda sngat menyayanginya. Begitu juga sikap kita terhadap orang lain. Bila kita memiliki rasa dengki kita tidak akan pernah senang dengan kesenangan yang diterima orang lain.

2. Lawan Sombong dangan Rendah Hati
Caranya:
• Ambil pelajaran dari siapa saja
Belajarlah dari siap saja. Lawan semua energi negative yang menyerang anda dengan sesuatu yang positif seperti ketika anda difitnah, dicaci dan dimaki anda justru melakukan hal postif dengan mendoakan, memaafkan bahwakan mendatangi rumahnya.

Gunakan rumus ATM yaitu, Amati, Tiru, dan Modifikasi semua yang negative menjadi positif.

• Tundukan kesombongan dengan belajar
Jadilah ilmu seperti padi yang semakin berisi semakin menunduk. Jika anda terus belajar banyak pengetahuan baru yang akan anda dapat dan tentunya membuat anda tahu bahwa anda begitu kecil dan tidak tahu apa2. berhentilah bersikap sombong dan mulailah belajar dari siapapun jangan mersa lebih pintar.

• Pakai baju kepribadian sendiri
Jadilah diri anda sendiri terima semua kburukan anda dan usahkan berubah secepatnya.

Ketahuilah potensi anda jangan sampai anda mengidolakan seseorang sehingga anda ingin seperti idola anda sedangkan potensi anda tidak samapi pada tahap idola anda.

3. Lawan Angan dengan Tawakal
Caranya;
• Satu kebergantungan hanya kepada Tuhan.
Anda adalah perencana namun Tuhan’lah yang menentukan. Jika kita belum bekerja keras, bekerja ikhlas, dan bekerja cerdas dan anda sudah menyerahkan semuanya pada Tuhan itu namanya bukan bertawakal tetapi malas!

Kita haruslah bekerja dengan giat pantang menyerah dan memiliki kemampuan untuk bertahan selebihnya kita pasrahkan diri dan hasilnya kepada Tuhan.

Bisakah kita mengetahui amal ibadah kita diterima oleh Tuhan…?? TIDAK! Anda tidak pernah tahu apakah pekerjaan anda diterima atau tidak tapi satuhal yang pasti, anda memberikan sudah memberikan suatu hal yang terbaik.

• Jangan lemah dan bersedih hati
Syukuri semua yang kita dapat jangan pernah merasa hidup kita berkekurangan hanya karena melihat harta dan tahkta orang lain lebih dari kita. Tapi syukuri semua yang kita miliki dan bangga atas apa yang telah kita capai.
• Seberangi jembatan jika sudah tiba
Banyak dari Anda yang lebih sering memikirkan masa depan dan mengesampingkan apa yang terjadi sekarang. Sudah seharusnya kita membuat perencanaan jangka panjang, tengah dan pendek agar semua tujaun kita bisa dilalui dengan terpola. Semua perencanaan anda berfungsi sebagai peta menuju kehidupan yang lebih mulia.

• Menyadari takdir selalu diberi yang terbaik
Sadarkan diri anda diberikan hal2 terbaik dalam hidup anda. Pernahkan anda melihat suatu kecelakaan yang sangat mengerikan sehingga membuat anda bertanya-tanya kenapa harus terjadi kecelakaan yang mengerikan ini?? Apa karena memang Tuhan tidak lagi sayang?? Percayalah bahwa Tuhan selalu memberikan sesuatu yang terbaik bagi umatnya! Anda bisa baca contoh cerita yang ada pada buku anda dihalamn 327 mengenai seorang yang mengalami kekalahan dan menyadarinya bahwa kekalahan itu adalah hal terbaik baginya. (DIBACAKAN DULU CERITANYA OLEH SIAPA SAJA)

4. Lawan Ingkar dengan Taat
Caranya:
• Jadikan ilmu sebagai bahan bagi pekerti
Orang bodoh ebih nyaring bunyi. Orang berilmu lebih cepat dalam intropeksi, lebih cepat dalam berbenah, dan lebih cepat berkembang pekertinya.

• Kejar hidayah dengan takut maksiat
Hidayah adalah hak prerogative Tuhan. Sehingga Tuhan bisa memberikan hidayanya kepada siapa saja.

Jadi kejarlah hidayah dengan melakukan hal2 positif karena Tuhan akan memberikan hidayahnya pada orang2 yang melakukan hal2 positif dibandingkan orang yang melakukan maksiat.

• Jangan menentang datangnya nasib buruk
Seringkali kita mengatakan harus berpikir positif. Bahkan ironisnya ada orang yang memasuki wilayah yang sedang memiliki wabah menular hanya dengan mengatakan “kita harus positif dan semuanya sudah diatur oleh Tuhan”. Orang yang berpikir positif sebenarnya adalah orang yang tidak pernah serampangan dan selalu terukur dalam setiap kegiatannya.

• Terima standart yang telah ditetapkan.
Semua produk yang ada dibumi pastilah memiliki manual book agar siempunya memiliki standart khusus agar barangnya awet.

Begitu juga dengan anda sebagai manusia yang diciptakan oleh Tuhan denga sudah disertai ‘Manual Book’ berupa kitab suci tentang apa yang harus dilakukan dan tidak dilakukan. Jadi intinya terima semua satndart yang telah ditetapkan Tuhan jangan membantahnya.

Untuk saat ini bagian ini dulu yang saya tulis, dah malam ngantuk. To Be Continued...

0 Komentar

Posting Komentar

Selamat jadi komentator ya. Focus on topics. No Spam please.