Sabtu, Desember 12, 2009

Tentukan Tujuan.....!!

Goal atau tujuan haruslah kita ciptakan dan rencanakan dengan matang karena dengan memiliki sebuah tujuan anda mempunyai arti dalam menjalani aktifitas anda. Bayangkanlah anda terbiasa dengan berolahraga lari, setiap harinya anda berlari tanpa pernah menghitung jarak, waktu, ataupun detak jantung dan ini anda lakukan terus-menerus setiap olahraga sehingga ketika berolahraga anda tidak pernah mempunyai suatu tujuan untuk diraih.


Coba jika anda mencatat waktu, jarak, dan detak jantung anda sehingga anda akan mengetahui seberapa besar kemampuan anda selama berolahraga dengan begitu, anda bisa mengetahui kemampuan anda dan mulai meningkatkannya.

Begitu juga dalam hidup jika anda terbiasa mempunyai suatu tujuan maka anda akan menjadi orang yang lebih terarah. Dengan adanya tujuan juga anda menjadikan hidup anda tidak membosankan karena anda memiliki sebuah tujuan ketika melakukan aktifitas.

Pernahkan anda bangun dari tidur anda dan merasa hari ini akan terjadi seperti biasanya? Jika anda selalu seperti itu saya yakin anda tidak pernah mempunyai tujuan dalam hidup.

Mulailah dengan membuat tujuan2 yang kecil setelah tujuan kecil diraih mulailah membuat tujuan baru yang lebih besar dan ingat jangan pernah takut meraih kegagalan! Banyak dari kita selalu takut membuat tujuan dikarenakan takut akan menghadapi kegagalan sehingga kita hanya tetap menjalani hari2 biasa dengan tanpa tujuan. Bayangkan jika anda mempunyai tujuan "Saya harus memiliki sebuah mobil mewah 12 bulan dari sekarang!" dengan adanya tujuan tersebut akan membuat anda bersemangat lagi dan berusaha lebih keras.

Jika gagal anda tidak usah depresi tapi jadikan itu sebagai sebuah pelajaran. Sekarang bagaimana kita tahu kebenaran jika kita tidak pernah merasakan kesalahan. Jangan pernah takut salah karena dengan salah kita akan meraih kesuksesan.

Berikut tips menentukan tujuan hidup: (kapanlagi.com)

1. Mulai Dengan Bermimpi dan Menuliskan Impian Anda

Yang pertama, jika Anda ingin merancang tujuan, Anda mesti meluangkan waktu untuk membangun impian. Jika Anda tak punya impian, akan sulit untuk menentukan tujuan dalam hidup Anda. Sayangnya, kebanyakan orang jadi kehilangan kemampuan untuk bermimpi tentang apa yang paling diinginkan dan membangun motivasi untuk pencapaian. Jadi, untuk memulainya, luangkan waktu untuk bermimpi tentang apa yang paling Anda inginkan, Anda ingin seperti apa, atau bahkan tentang apa yang ingin Anda miliki. Begitu Anda menemukan impian Anda, selanjutnya tuliskan semuanya dalam kertas.

2. Tanya 'Kenapa?'

Setelah Anda menuliskan semua impian Anda, baca sekali lagi apa yang telah Anda tulis. Saat membacanya kembali, berhentilah pada tiap-tiap impian dan tanyakan 'kenapa Anda mengimpikannya?'. Kenapa impian ini penting buat Anda? Jika Anda tak dapat menjawabnya dalam beberapa kalimat, kemungkinan itu bukan hal yang benar-benar Anda impikan, dan akhirnya harus Anda coret dari daftar.

3. Benarkan Ini Tujuan Anda?

Banyak orang yang sebenarnya punya impian yang dibentuk oleh orang lain. Jadi penting untuk menemukan apa benar apa yang ingin Anda capai adalah tujuan Anda atau tujuan orang lain. Saat merancang tujuan, jika ternyata impian dan tujuan itu bukan yang Anda inginkan, coret saja dari daftar.

4. Temukan Bagaimana Tujuan Ini Akan Mempengaruhi Kehidupan Anda

Setelah Anda membuat daftar yang benar tentang impian Anda, lihat kembali apa yang tertinggal. Masukkan impian yang tertinggal ini ke dalam daftar dan pikirkan bagaimana ini akan membawa pengaruh dalam hidup Anda. Apakah mencapai tujuan ini akan membuat Anda lebih bahagia daripada sekarang? Akankah memperbaiki rasa aman dan hubungan Anda dengan orang lain? Apa akan berpengaruh pada keuangan Anda secara positif? Jika ternyata impian ini tak membawa pengaruh positif dalam kehidupan Anda, mungkin seharusnya dikesampingkan. Jika Anda menemukan pencapaian Anda akan membawa pengaruh positif dalam kehidupan Anda, sebaiknya memiliki motivasi untuk mengejar dan mencapai semua tujuan ini.

5. Kategorikan Impian Anda

Sekarang persempit lagi daftar untuk menemukan tujuan sejati, bukan hanya keinginan atau angan-angan Anda. Pada titik ini Anda perlu mengkategorikan tujuan ke dalam berbagai golongan, tergantung dari seberapa lama waktu yang Anda butuhkan untuk mencapainya. Anda akan memiliki tujuan jangka panjang yang membutuhkan waktu lebih dari dua tahun untuk mencapainya, tujuan jangka pendek yang butuh waktu sebulan atau lebih untuk meraihnya, dan tujuan yang bisa tercapai sewaktu-waktu dari jangka waktu sebulan hingga setahun. Tapi ingat, Anda harus punya tujuan besar, dan pastikan memiliki tujuan dalam setiap kategori sehingga bisa secara terus-menerus berupaya meraih tujuan itu dalam kehidupan Anda.

6. Rencanakan Bagaimana Cara Meraihnya

Setelah Anda membangun tujuan Anda, kini Anda perlu membuat rencana bagaimana akan mencapainya. Anda harus selalu berusaha mewujudkan tujuan Anda, bahkan jika itu hanya butuh sebuah langkah kecil untuk mencapainya. Pastikan tidak berlebihan dalam mengupayakan mewujudkannya. Sesekali dibutuhkan manajemen dan motivasi sebagai bagian rencana Anda dan untuk melengkapi tugas ini, tapi itu pasti akan jadi usaha yang berharga. Buat grafik pencapaian untuk membantu Anda mencapai tujuan, dan saat Anda sudah mencapainya beri tanda dalam grafik tersebut.

INGAT JANGAN PERNAH TAKUT GAGAL DAN SALAH, TAPI PELAJARILAH KEGAGALAN TERSEBUT!!!

0 Komentar

Posting Komentar

Selamat jadi komentator ya. Focus on topics. No Spam please.